Advertising

Monday, 18 April 2016

Rencana Perangkat Pembelajaran 4.1.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  __________________________________
Kelas / Semester          :  4 / 2   (Dua)
Tema 5                            :  Pahlawanku
Subtema 1                      :  Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.5       Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5       Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
¡  Menemukan informasi yang terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
¡  Membuat ulasan sederhana terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu dengan menggunakan kosakata baku.

IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2       Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dankeberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Budha, Islam dalamaspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan    
Indikator :
¡  Menjelaskan perjuangan yang dilakukan oleh raja pada masa kerajaan HIndu
¡  Membuat rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3       Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat
Indikator :
¡  Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong royong sebagai wujud dari rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat
¡  Memberikan contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan
¡  Menceritakan pengalaman bergotong royong di lingkungan

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan mengolah informasi dan berdiskusi, siswa membuat rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam dengan tepat dan percaya diri.
¡  Dengan membaca teks, siswa mampu menemukan paling sedikit 3 informasi tentang perjuangan Raja Purnawarman dengan benar dan percaya diri.
¡  Dengan menganalisis bacaan dan melakukan diskusi tentang Raja Purnawarman, siswa mampu memberikan pendapatnya tentang sikap Raja tersebut dengan percaya diri dan rinci.
¡  Dengan mengelompokkan gambar tentang sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu menjelaskan pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat dengan rinci dan berani.
¡  Dengan menganalisis contoh tentang sikap persatuan dan mendiskusikannya, siswa mampu memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar dan berani.
¡  Dengan membaca dan mendiskusikan bacaan, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan tentang pelaksanaan kegiatan gotong royong di lingkungan sekitar dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) yang tepat.
¡  Dengan kegiatan mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu menceritakan dalam bentuk tulisan pengalaman pribadi tentang kegiatan gotong royong di lingkungan sekitarnya dengan percaya diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal arti pahlawan
¡  Mengulas bacaan tentang Raja Purnawarman
¡  Membedakan contoh dan bukan contoh persatuan dalam kehidupan sehari-hari
¡  Menceritkan pengalaman bergotong royong

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPahlawanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡   Siswa diminta mengamati beberapa gambar yang terdapat di buku siswa. (Mengamati)
¡   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Menanya)
¡   Siswa melakukan diskusi bersama seorang teman tentang sikap baik yang pernah dilakukan. (Mengekplorasi)
¡   Siswa melakukan diskusi bersama seorang teman tentang sikap baik yang pernah dilakukan.
¡   Siswa menuliskan hasil diskusinya di dalam kolom yang tersedia. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa mengamati gambar tersebut dan menuliskan beberapa pertanyaan yang ingin mereka ketahui tentang tokoh-tokoh tersebut. (Mengamati)
-       Saat siswa mengerjakan tugas, guru berputar memastikan bahwa semua siswa memahami instruksi yang diberikan.
-       Bantu siswa yang tampaknya mengalami kesulitan.
¡   Siswa mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman mereka untuk mengetahui jawabannya. (Mengekplorasi)
-       Saat berdiskusi, mereka diperbolehkan untuk mencari tambahan informasi tentang beberapa tokoh dan benda peninggalan tersebut dari buku-buku, orang dewasa (guru atau staff sekolah), atau media internet lainnya. (guru bisa menyiapkan beberapa bahan bacaan tentang materi tersebut di kelas)
-       Batasi waktu sesuai dengan jam pelajaran.
¡   Siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang telah diperoleh di kolom yang tersedia di buku mereka dan mendiskusikannya dengan seorang teman. (Mengasosiasi)
¡   Siswa membaca senyap teks tentang Raja Purnawarman yang ada di buku mereka. (Mengamati)
¡   Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan menuliskannya di buku mereka. (Menanya)
¡   Siswa menuliskan kembali bacaan tadi dengan menggunakan kalimat sendiri di selembar kertas dengan memperhatikan beberapa petunjuk yang terdapat di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡   Siswa membacakan tulisan mereka kepada teman satu kelompok. (Mengamati)
¡   Siswa menjawab 3 pertanyaan dan menuliskannya dalam bentuk b (Menanya)
¡   Siswa mengomunikasikan jawaban mereka di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa melakukan diskusi dengan seorang teman tentang sikap persatuan yang telah diwujudkan oleh Raja Purnawarman. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menuliskan hasil diskusi dalam kolom yang tersedia di buku siswa. (Mengasosiasi)
¡   Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa. (Menanya)
¡   Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi pelajaran. (Mengkomunikasikan)
¡   Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan gotong royong dalam kehidupan masyarakat Indonesia di masa sekarang yang mulai memudar. (Mengamati)
¡   Siswa menuliskan kondisi pelaksanaan gotong royong yang ada di lingkungan sekitar timpat tinggal mereka. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menuliskan pengalaman mereka melakukan kegiatan kerja gotong royong. (Mengkomunikasikan)

150 menit
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Gambar beberapa orang sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan
¡  Teks tentang kepahlawanan

I.       PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.        Rubrik Bahasa Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan Raja Purnawarman.
Kriteria
4
3
2
1
Ide Utama dan hal yang dapat dipelajari

Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas dan menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.

Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas namun tidak menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.

Ide utama atau hal yang dapat dipelajari dari bacaan disampaikan tidak lengkap.

Ide utama atau hal yang bisa dipelajari dari bacaan tidak disampaikan siswa sama sekali.

Data
Siswa menye­butkan data dengan leng­kap ( tokoh, tahun, tem­pat) dan dapat menghubung­kannya satu sama lain.
Siswa menyebutkan data dengan lengkap ( tokoh, tahun, tempat) namun tidak menyampaikan hubungannya.

Siswa menye­butkan se­bagian data ( tokoh, tahun, tempat) dan dapat meng­hubungkan­nya satu sama lain.
Siswa menye­butkan se­bagian data ( tokoh, ta­hun, tempat) namun tidak dapat men­ghubung­kannya satu sama lain.
Pengorganisasian
Siswa menyampaikan isi bacaan secara runtut (awal, tengah dan akhir)
Sebagian besar urutan bacaan disampaikan siswa secara runtut.


Isi bacaan disampaikan siswa tanpa melihat hubungan urutan.
Siswa me­nyampaikan isi cerita den­gan meng­hilangkan salah satu unsur (awal, tengah, akhir)

Penilaian : 4 + 3 + 3 x 10 = 10 x 10 = 8,3
12                    12
2. Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup Bagus
Perlu Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(2)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
(1.5) P
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

(3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
ü                  
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3) P
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.
(1)

Penilaian : 1,5 + 2 + 3 x 10 = 6,5 x 10 = 8,1
   8                       8

3. Daftar Periksa PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Mengelompokkan gambar yang mencerminkan sikap persatuan dengan paling sedikit 2 benar, disertai alasan yang tepat


Menuliskan paling sedikit 3 manfaat pentingnya rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.


Memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan dengan benar.


Menceritakan pengalaman  bergotong royong dengan percaya diri



3. Daftar Periksa IPS
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menuliskan perjuangan yang telah dilakukan oleh Raja Purnawarman dengan tepat.


Membuat rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam dengan tepat.


Menceritakan pengalaman  bergotong royong dengan percaya diri



5. Penilaian sikap (cinta tanah air dan bekerja sama).
No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Ber-kembang
Membu-daya
Ket.
1
Teliti





2
Bertanggung Jawab





3
Disiplin







Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

........, ...................... 20....
Guru Kelas IV



( ___________________ )
NIP ..................................


0 on: "Rencana Perangkat Pembelajaran 4.1.1"