RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : 4 / 2
(Dua)
Tema 5 : Pahlawanku
Subtema 1 : Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Budha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
Indikator :
¡ Menemukan
informasi yang terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu.
¡ Membuat
ulasan sederhana terkait dengan kehidupan pada masa salah satu kerajaan Hindu
dengan menggunakan kosakata baku.
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami manusia, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu pada masapraaksara, Hindu Budha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan
menceritakan manusia, perubahan dankeberlanjutan dalam waktu pada masa
praaksara, Hindu Budha, Islam dalamaspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan
pendidikan
Indikator :
¡ Menjelaskan
perjuangan yang dilakukan oleh raja pada masa kerajaan HIndu
¡ Membuat
rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan
Hindu, Buddha, dan Islam
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat
Indikator :
¡ Menjelaskan pentingnya kegiatan bergotong royong sebagai
wujud dari rasa persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat
¡ Memberikan
contoh sikap yang menunjukkan rasa persatuan
¡ Menceritakan
pengalaman bergotong royong di lingkungan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan mengolah informasi dan berdiskusi, siswa membuat
rangkuman tentang perjuangan beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa
kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam dengan tepat dan percaya diri.
¡ Dengan membaca teks, siswa mampu menemukan paling
sedikit 3 informasi tentang perjuangan Raja Purnawarman dengan benar dan
percaya diri.
¡ Dengan menganalisis bacaan dan melakukan diskusi tentang
Raja Purnawarman, siswa mampu memberikan pendapatnya tentang sikap Raja
tersebut dengan percaya diri dan rinci.
¡ Dengan mengelompokkan gambar tentang sikap persatuan dan
mendiskusikannya, siswa mampu menjelaskan pentingnya rasa persatuan di dalam
kehidupan bermasyarakat dengan rinci dan berani.
¡ Dengan menganalisis contoh tentang sikap persatuan dan
mendiskusikannya, siswa mampu memberikan 3 contoh sikap yang menunjukkan rasa
persatuan dengan benar dan berani.
¡ Dengan membaca dan mendiskusikan bacaan, siswa mampu
menceritakan dalam bentuk tulisan tentang pelaksanaan kegiatan gotong royong di
lingkungan sekitar dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) yang tepat.
¡ Dengan kegiatan mengamati gambar dan diskusi, siswa
mampu menceritakan dalam bentuk tulisan pengalaman pribadi tentang kegiatan
gotong royong di lingkungan sekitarnya dengan percaya diri.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal arti pahlawan
¡ Mengulas
bacaan tentang Raja Purnawarman
¡ Membedakan
contoh dan bukan contoh persatuan dalam kehidupan sehari-hari
¡ Menceritkan pengalaman bergotong royong
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan
salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡
Guru
mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Pahlawanku”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa diminta mengamati beberapa gambar yang terdapat di
buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di buku siswa. (Menanya)
¡
Siswa melakukan diskusi bersama seorang teman tentang
sikap baik yang pernah dilakukan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa melakukan diskusi bersama seorang teman tentang
sikap baik yang pernah dilakukan.
¡
Siswa menuliskan hasil diskusinya di dalam kolom yang
tersedia. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa mengamati gambar tersebut dan menuliskan beberapa pertanyaan yang ingin mereka ketahui tentang
tokoh-tokoh tersebut. (Mengamati)
-
Saat siswa
mengerjakan tugas, guru berputar memastikan bahwa semua siswa memahami
instruksi yang diberikan.
-
Bantu siswa
yang tampaknya mengalami kesulitan.
¡
Siswa
mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman mereka
untuk mengetahui jawabannya. (Mengekplorasi)
-
Saat
berdiskusi, mereka diperbolehkan untuk mencari tambahan informasi tentang
beberapa tokoh dan benda peninggalan tersebut dari buku-buku, orang dewasa
(guru atau staff sekolah), atau media internet lainnya. (guru bisa menyiapkan
beberapa bahan bacaan tentang materi tersebut di kelas)
-
Batasi waktu
sesuai dengan jam pelajaran.
¡
Siswa
menuliskan sebanyak mungkin informasi yang telah diperoleh di kolom yang
tersedia di buku mereka dan mendiskusikannya dengan seorang teman. (Mengasosiasi)
¡
Siswa membaca senyap teks tentang Raja Purnawarman yang
ada di buku mereka. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan bacaan dan menuliskannya di
buku mereka. (Menanya)
¡
Siswa menuliskan
kembali bacaan tadi dengan menggunakan kalimat sendiri di selembar kertas
dengan memperhatikan beberapa petunjuk yang terdapat di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
membacakan tulisan mereka kepada teman satu kelompok. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab 3 pertanyaan dan menuliskannya dalam
bentuk b (Menanya)
¡
Siswa mengomunikasikan jawaban mereka di depan kelas. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa melakukan diskusi dengan seorang teman tentang
sikap persatuan yang telah diwujudkan oleh Raja Purnawarman. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menuliskan hasil diskusi dalam kolom yang tersedia
di buku siswa. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa.
(Menanya)
¡
Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi
pelajaran. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa membaca teks singkat tentang kegiatan gotong royong
dalam kehidupan masyarakat Indonesia di masa sekarang yang mulai memudar. (Mengamati)
¡
Siswa menuliskan kondisi pelaksanaan gotong royong yang
ada di lingkungan sekitar timpat tinggal mereka. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menuliskan pengalaman mereka melakukan kegiatan kerja gotong
royong. (Mengkomunikasikan)
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru
Tema : Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema
: Pahlawanku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar
beberapa orang sedang bekerjasama melakukan beragam kegiatan
¡ Teks
tentang kepahlawanan
I. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.
Rubrik Bahasa
Indonesia dan IPS : menuliskan kembali cerita perjuangan Raja Purnawarman.
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ide Utama
dan hal yang dapat dipelajari
|
Siswa
menyebutkan ide utama dengan jelas dan menyampaikan hal yang bisa dipelajari
dari bacaan atau sebaliknya.
|
Siswa menyebutkan ide utama dengan jelas namun tidak
menyampaikan hal yang bisa dipelajari dari bacaan atau sebaliknya.
|
Ide utama atau hal yang dapat dipelajari dari bacaan
disampaikan tidak lengkap.
|
Ide utama atau hal yang bisa dipelajari dari bacaan tidak
disampaikan siswa sama sekali.
|
Data
|
Siswa menyebutkan
data dengan lengkap ( tokoh, tahun, tempat) dan dapat menghubungkannya
satu sama lain.
|
Siswa
menyebutkan data dengan lengkap ( tokoh, tahun, tempat) namun tidak
menyampaikan hubungannya.
|
Siswa menyebutkan sebagian data (
tokoh, tahun, tempat) dan dapat menghubungkannya satu sama lain.
|
Siswa menyebutkan sebagian data (
tokoh, tahun, tempat) namun tidak dapat menghubungkannya satu sama lain.
|
Pengorganisasian
|
Siswa
menyampaikan isi bacaan secara runtut (awal, tengah dan akhir)
|
Sebagian
besar urutan bacaan disampaikan siswa secara runtut.
|
Isi bacaan disampaikan siswa tanpa
melihat hubungan urutan.
|
Siswa menyampaikan
isi cerita dengan menghilangkan salah satu unsur (awal, tengah, akhir)
|
Penilaian : 4 + 3 + 3 x 10 = 10 x 10 = 8,3
12 12
2. Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup Bagus
|
Perlu Berlatih Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara.
(2)
|
Mendengarkan teman yang berbicara
namun sesekali masih perlu diingatkan.
(1.5) P
|
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
(1)
|
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
(3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
ü
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3) P
|
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diksusi berlangsung.
(1)
|
Penilaian : 1,5 + 2 + 3 x 10 = 6,5 x 10 = 8,1
8 8
3. Daftar
Periksa PPKn
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Mengelompokkan gambar yang mencerminkan sikap persatuan
dengan paling sedikit 2 benar, disertai alasan yang tepat
|
|
|
Menuliskan paling sedikit 3 manfaat pentingnya rasa
persatuan di dalam kehidupan bermasyarakat.
|
|
|
Memberikan 3 contoh sikap yang
menunjukkan rasa persatuan dengan benar.
|
|
|
Menceritakan pengalaman bergotong
royong dengan percaya diri
|
|
|
3. Daftar
Periksa IPS
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Menuliskan perjuangan yang telah
dilakukan oleh Raja Purnawarman dengan tepat.
|
|
|
Membuat rangkuman tentang perjuangan
beberapa tokoh berdasarkan sejarah dari masa kerajaan Hindu, Buddha, dan
Islam dengan tepat.
|
|
|
Menceritakan pengalaman bergotong
royong dengan percaya diri
|
|
|
5. Penilaian
sikap (cinta tanah air dan bekerja sama).
No
|
Sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai Ber-kembang
|
Membu-daya
|
Ket.
|
1
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
3
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas IV
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 on: "Rencana Perangkat Pembelajaran 4.1.1"