Untuk mengumpulkan
informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, terkait aspek sikap,
pengetahuan, dan keterampilan dapat
dilakukan melalui berbagai teknik penilaian. Berikut diberikan contoh model
penilaian sesuai dengan jenis penilaian yang dibahas pada bab II.
A.
Model
Penilaian berdasarkan jenis
a. Penilaian otentik
Model penilaian otentik dapat
dilakukan untuk semua aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterammpilan)
mulai dari perencanaan pelaksanaan dan hasil yang dilakukan secara terus
menerus.
Contoh format penilaian otentik aspek
keterampilan pada metode projek.
Kelas/Semester : IV / I
Tema : Selalu
berhemat energi
Subtema :
Macam-macam sumber energi
Pembelajaran : ke dua
Rubrik Penilaian
Projek
Indikator : Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana
menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan
meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan
menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri
Nama Projek : Membuat Karya Kincir angin sederhana
Nama siswa : Luqman
Kelas :
IV
|
|
Skor
|
||||
No.
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Perencanaan
a.
Desain
b.
Tahapan
pembuatan
|
|
|
|
|
V
v
|
2.
|
Proses Pembuatan
a.
Persiapan
alat dan bahan.
b.
Teknik
pembuatan
c.
K3
(keselamatan, keamanan, kebersihan).
|
|
|
V
V
|
v
|
|
3
|
Hasi/produk
a.
Bentuk
fisik
b.
Keberfungsian
c.
Estetika
|
v
|
V
v
|
|
|
|
Keterangan:
·
Penilaian
dilakukan melalui pengamatan untuk menilai aspek keterampilan.
·
Skor 1:
sangat kurang; 2: kurang; 3: cukup; 4: baik ; 5. Baik sekali
·
Deskripsi:
Dalam membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam, dari segi
perencanaan baik sekali, namun dari segi hasil dan estetika mash memerlukan
usaha bimbingan lebih lanjut.
b. Ulangan harian
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara
periodik untuk menilai kompetensi peserta didik
setelah menyelesaikan satu sub-tema. Ulangan harian terintegrasi dengan proses
pembelajaran lebih untuk mengukur aspek pengetahuan, dalam bentuk tes tulis,
tes lisan, dan penugasan.
1. Tes
tulis
Instrumen tes tulis berupa
pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian
dilengkapi pedoman penskoran.
2. Tes Lisan
Instrumen tes lisan berupa
daftar pertanyaan.
3. Penugasan
Instrumen
penugasan berupa daftar perintah yang dapat dikerjakan di sekolah atau di rumah
sebagai pekerjaan rumah secara individu ataupun kelompok sesuai dengan
karakteristik tugasnya.
Contoh penugasan:
1.
Menggambar
2.
Menyanyi
3.
Mengarang
4.
Dsb.
Kegiatan-kegiatan
di atas yang dinilai aspek pengetahuannya. Setiap tugas harus disiapkan rubrik
penilaian.
Contoh format penugasan
menyajikan teks cerita tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
dalam teks bahasa Indonesia dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
||||||||
Pemilihan
kosa kata
|
Ejaan
|
Sistematika
penulisan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Anton
|
|
v
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
2
|
Betty
|
|
|
V
|
|
v
|
|
|
V
|
|
3
|
Chaerunnisa
|
|
v
|
|
v
|
|
|
|
|
v
|
Keterangan:
·
1: kurang; 2: cukup; 3:baik
sekali
·
Deskripsi:
§ Anton
sangat menguasai ejaan, tetapi pada aspek sistematika penulisan perlu bimbingan
guru.
§ Betty
sangat pandai memilih kosa kata, tetapi pada penggunaan ejaan dan sistematika
penulisan masih perlu bimbingan guru.
§ Chaerunnisa
sangat menguasai sistematika penulisan, tetapi penggunaan ejaan masih perlu
latihan.
4. Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik. untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah kegiatan
pembelajaran dalam kurun waktu: 8-9 minggu. Ulangan tengah semester disajikan
dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan meliputi seluruh
indikator yang merepresentasikan seluruh
KD pada periode tersebut. Penyusunan instrumen penilaian UTS disesuaikan dengan
kaidah-kaidah penyusunan instrumen penilaian dalam bentuk tes dan penugasan.
5. Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh
pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Ulangan
tengah semester disajikan dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan
meliputi seluruh indikator yang
merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Penyusunan instrumen
penilaian UAS disesuaikan dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen penilaian
dalam bentuk tes dan penugasan.
B. Model Penilaian berdasarkan aspek (sikap,
pengetahuan, dan keterampilan)
- Sikap
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi,
penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a.
Observasi
Instrumen penilaian
sikap sosial (KI.2)
Tema :
Diriku
Indikator :
~ Menjalankan peraturan pada permainan disekolah
~ Mengidentifikasi nama teman
~ Menyebutkan identitas teman
Nama
|
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja
sama
|
||||||
Blm
terlihat
|
Terlihat
|
Menonjol
|
Blm
terlihat
|
Terlihat
|
Menonjol
|
Blm
terlihat
|
Terlihat
|
Menonjol
|
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
Ani
|
|
|
V
|
|
V
|
|
V
|
|
|
Ali
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
o
Berilah dengan “chechlist” atau “V” pada
kolom yang sesuai.
o
Nilai skala pada masing-masing aspek (percaya
diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap social
per tema dalam satu semester
REKAP HASIL OBSERVASI SIKAP SOSIAL semester-1
Nama
|
Perilaku
yang diamati (mulai tema1 – tema4)
|
Deskripsi
|
|||||||||||||||||
Percaya
diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
Santun
|
Teliti
|
Dsb
|
||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
Ani
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
Ali
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
Angka 1 : belum terlihat, 2: terlihat; 3:
menonjol
2.
Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh
dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah
dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
3.
Kolom deskripsi diisi kecenderungan yang
menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan bimbingan.
Contoh
Deskripsi yang disiapkan untuk mengisi buku rapor.
Ani:
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, namun masih perlu
usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.
Alii:
Menunjukkan
sikap sopan santun yang sangat menonjol, namun masih perlu usaha-usaha dan
bimbingan dalam hal menumbuhkan disiplin
dan ketelitian.
b. Penilaian
diri
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta
didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks
pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
Contoh Format
Penilaian Diri Siswa
Nama : ………………………………….
Kelas : ……………………………………
Semester : …………………………………..
Waktu
penilaian : ………………….
No
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1
|
Saya berusaha
belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Saya
mengikuti pembelajaran dengan penuh
perhatian
|
|
|
3
|
Saya
mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
4
|
Saya
mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Saya berperan
aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Saya
menyerahkan tugas tepat waktu
|
|
|
7
|
Saya selalu
membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting
|
|
|
8
|
Saya merasa
menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik
|
|
|
9
|
Saya menghormati dan menghargai orang tua
|
|
|
10
|
Saya menghormati
dan menghargai teman
|
|
|
11
|
Saya
menghormati dan menghargai guru
|
|
|
Keterangan:
·
Penilaian
persepsi diri siswa untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan kenyataan yang
ada.
·
Hasil
penilaian persepsi diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan
bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
c. Penilaian Antar teman
Merupakan teknik penilaian
dengan cara meminta peserta didik untuk
saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik.
Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
Contoh Format Penilaian
antar teman
Nama teman yang
dinilai : ………………………………….
Nama penilai : …………………………………..
Kelas :
……………………………………
Semester :
…………………………………..
Waktu
penilaian : ………………….
No
|
Pernyataan
|
ya
|
tidak
|
1
|
Berusaha
belajar dengan sungguh-sungguh
|
|
|
2
|
Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
|
|
|
3
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu
|
|
|
4
|
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami
|
|
|
5
|
Berperan
aktif dalam kelompok
|
|
|
6
|
Menyerahkan tugas tepat waktu
|
|
|
7
|
Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting
|
|
|
8
|
Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan baik
|
|
|
9
|
Menghormati dan menghargai teman
|
|
|
10
|
Menghormati dan menghargai guru
|
|
|
Keterangan:
·
Penilaian
antarteman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi
temannya serta kenyataan yang ada.
·
Hasil
penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan
motivasi lebih lanjut.
d.
Jurnal Catatan Guru
Merupakan catatan pendidik di dalam dan
di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan
kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa
dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
Contoh penilaian Jurnal
No
|
Tanggal
|
Nama
|
Catatan
Pengamatan
(KI-1
dan KI-2)
|
Tindak
lanjut
|
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
1
|
5/10/13
|
Ani
|
-Sangat terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah belajar
|
- perlu usaha-usaha pembiasaan
dalam bersuci sebelum beribadah
|
1. Perlu pembiasaan dan bimbingan dalam bersuci
|
|
|
|
Menunjukkan
sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol,
|
-namun masih kurang teliti.
-
|
1. Sering
diberi latihan yang melibatkan ketelitian.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
- Kolom 1 diisi nomor
urut
- Kolom 2 diisi tanggal
pengamatan
- Kolom 3 diisi nama
siswa
- Kolom 4 diisi kekuatan
sikap siswa yang berkaitan dengan KI-1 dan/atau KI-2 (seperti yang
tertuang pada tabel di bawah).
- Kolom 5 diisi
kelemahan sikap siswa yang
berkaitan dengan KI-1 dan/atau KI-2
(seperti
yang tertuang pada tabel di bawah).
- Kolom 6 diisi tindak
lanjut yang direncanakan oleh guru, sekolah, dan orang tua berdasarkan
hasil pengamatan terhadap sikap siswa.
No
|
Muatan KI-1 (sikap spiritual)
|
No
|
Muatan K-2 (Sikap Sosial)
|
1
|
Ketaatan
beribadah
|
1
|
Jujur
|
2
|
Perilaku
syukur
|
2
|
Disiplin
|
3
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
3
|
Tanggung jawab
|
4
|
Toleransi
dalam beribadah.
|
4
|
Santun
|
|
|
5
|
Peduli
|
|
|
6
|
Percaya diri
|
|
|
7
|
Kerja sama
|
- Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan
bersumber dari: 1) tes tulis, tes lisan, dan 3) penugasan. Penjelasan dan
contoh penilaian tersebut dijelaskan pada
bagian A. Model Penilaian berdasarkan jenis
- Penilaian Aspek Keterampilan
a.
Praktik
Penilaian praktik adalah penilaian yang menuntut respons
berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan
tuntutan kompetensi.
Pada penilaian praktik menuntut siswa untuk melakukan
suatu tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan
dan keterampilan yang dibutuhkan.
Misalnya tugas memainkan alat musik, menggunakan mikroskop, menyanyi, bermain
peran, menari.
Contoh penilaian praktik
Kelas/Semester : I/I
Tema/Sub Tema : Diriku/Aku dan Teman
Baru
Pembelajaran : 5
Format Penilaian praktik: Rubrik berlari berpasangan
No
|
Nama
|
Penilaian
|
||||||||
Semangat
|
Kekompakan
|
Ketaatan
pada aturan
|
||||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
||
1.
|
Kurniawan
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
2.
|
Hety
|
V
|
|
|
|
|
v
|
|
V
|
|
3.
|
Dony
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
Keterangan:
·
1: kurang ; 2: cukup ; 3:
baik sekali
·
Deskripsi:
-
Pada saat lari berpasangan Kurniawan
sangat taat pada aturan
-
Pada saat lari berpasangan
Hety kompak tetapi kurang semangat
-
Pada saat lari berpasangan
Dony sangat taat pada aturan, sangat kompak, dan sangat semangat.
b.
Penilaian
Projek
Contoh format penilaian Projek.
Kelas/Semester : IV / I
Tema : Selalu
berhemat energi
Subtema : Macam-macam sumber energi
Pembelajaran : ke dua
Rubrik Penilaian
Projek
Indikator : Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana
menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan
meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan
menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri
Nama Projek : Membuat Karya Kincir angin sederhana
Nama siswa : Luqman
Kelas :
IV
|
|
Skor
|
||||
No.
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Perencanaan
c.
Desain
d.
Tahapan
pembuatan
|
|
|
|
|
V
v
|
2.
|
Proses Pembuatan
d.
Persiapan
alat dan bahan.
e.
Teknik
pembuatan
f.
K3
(keselamatan, keamanan, kebersihan).
|
|
|
V
V
|
v
|
|
3
|
Hasi/produk
d.
Bentuk
fisik
e.
Keberfungsian
f.
Estetika
|
v
|
V
v
|
|
|
|
Keterangan:
·
Penilaian
dilakukan melalui pengamatan untuk menilai aspek keterampilan.
·
Skor 1:
sangat kurang; 2: kurang; 3: cukup; 4: baik ; 5. Baik sekali
·
·
Deskripsi:
Dalam membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam, dari segi
perencanaan baik sekali, namun dari segi hasil dan estetika mash memerlukan
usaha bimbingan lebih lanjut.
c.
Penilaian berbasis
portofolio
Penilaian
Portofolio adalah penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang
tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu
tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau
secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam bidang
tertentu. Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara
menyeluruh tentang proses & pencapaian hasil belajar peserta didik.
Contoh
format penilaian portofolio
Nama Siswa :
Ani
Kelas :
4
Semester :
II (dua)
Tanggal
dokumen
|
Nama
dokumen
|
Substansi/Isi
|
Bahasa
|
Estetika
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
|
Laporan Projek pembuatan
kincir angin
|
|
|
V
|
v
|
|
|
|
|
V
|
|
Hasil karangan tentang
lingkungan
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
Kliping gambar pakaian
adat
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
Tugas menggambar
jaring-jaring bangun ruang
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
Laporan hasil percobaan
gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
Kumpulan foto kegiatan
bakti sosial ke panti asuhan
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
Keterangan:
·
1: kurang; 2: cukup; 3: baik
sekali
·
Portofolio berfungsi sebagai
bukti otentik hasil belajar siswa yang merupakan bagian tak terpisahkan dari
laporan hasil capaian kompetensi siswa yang disampaikan kepada orang tua.
·
Guru memberi
komentar/catatan tentang dokumen portofolio yang telah dikumpulkan siswa dalam bentuk kalimat positif yang berisi
motivasi, semangat, juga usaha-usaha yang masih perlu ditingkatkan.
Komentar/catatan tersebut ditulis dan dimasukkan dalam file portofolio setiap
siswa.
Contoh komentar/catatan guru:
Ananda
Ani telah mengumpulkan
karya yang sangat bagus.
Dari
segi substansi/isi telah menunjukkan pemahaman tugas-tugas
dengan
baik. Demikian juga, dari segi estetika sangat rapi dan
bagus,
namun dari segi bahasa perlu usaha untuk lebih tekun
lagi
dalam memahami ejaan dan tata kalimat.
Bandung,
5 Oktober 2013
Guru
Kelas IV
Nita
Evita
0 on: "Model Penilaian Kurikulum 2013"