Advertising

Monday 18 April 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2.1.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :     SD Negeri 1 Metro Pusat
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 1                   :     Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Bahasa Indonesia
3.3    Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3    Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.

SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.1   Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2   Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1   Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2   Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

Bahasa Indonesia
3.3.1   Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2   Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1   Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1   Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1   Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

PPKn
3.3.1   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1   Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.


D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
¡  Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡  Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
¡  Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
¡  Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡  Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡  Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
¡  Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
¡  Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
¡  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
¡  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
¡  Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
¡  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
¡  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.


E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
¡  Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡  Menentukan karakter setiap individu di rumah.
¡  Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
¡  Teks permintaan maaf.
¡  Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
¡  Membilang sampai 500.
¡  Melengkapi deret bilangan berpola +1.
¡  Menulis teks buku harian.

F.      PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
§  Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
§  Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
§  Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
§  Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
§  Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
§  Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
§  Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
§  Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
§  Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
§  Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
§  Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
§  Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
§  Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
§  Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
§  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
§  Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
§  Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
§  Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
§  Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
§  Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
§  Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
§  Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
§  Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
§  Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
§  Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
§  Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
§  Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
§  Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
§  Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
§  Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
§  Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
§  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
§  Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
§  Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).

150 menit
Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


H.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡  Teks lagu “Ruri Abangku”.
¡  Contoh teks buku harian Udin.
¡  Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
¡  Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.   Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1













2













3













4













5



























2.   Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.   Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25

Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).

b.   Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.

c.   Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20

Kunci jawaban :
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49

3.   Ketrampilan
a.   Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penguasaan Lagu.
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru.
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
2.
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
Mampu mengembang-kan ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disaji­kan, tapi tidak mampu untuk mengembang­kan
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan.
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.

b.   Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Ekspresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.

2.
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafa­lannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3.
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.

Tanpa intonasi.

4.
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.

Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas.

c.   Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja



Rubrik menulis teks buku harian
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
1.
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

2.
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
Semua isi teks belum sesuai.

3.
Penulisan.

Penulisan kata sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya

Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
4.
Penggunaan kalimat yang efektif.

Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.

Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.

Terdapat lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.



Refleksi
¡  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

¡  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….

Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


0 on: "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2.1.1"