(RPP)
Kelas / Semester : II / 1
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup
Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa
Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama
tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok
dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan
kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa
Indonesia
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan
keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis
secara teliti.
¡ Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat
me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
¡ Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki
dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan
teliti.
¡ Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap
individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
¡ Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
¡ Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa
dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan teliti.
¡ Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh
ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
¡ Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang
sampai 500 dengan teliti.
¡ Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan
banyak benda dengan teliti.
¡ Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan
teliti.
¡ Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan
guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD
yang tepat secara teliti.
¡ Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan
percaya diri.
¡ Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
¡ Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
¡ Menentukan karakter setiap individu di rumah.
¡ Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis
kelamin.
¡ Teks permintaan maaf.
¡ Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
¡ Membilang sampai 500.
¡ Melengkapi deret bilangan berpola +1.
¡ Menulis teks buku harian.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Hidup Rukun”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru memperkenalkan alat musik
ritmis kepada siswa (mengamati).
§ Siswa menyanyikan lagu “Ruri
Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
§ Siswa memperhatikan guru menyanyikan
lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis
(mengamati).
§ Siswa dibimbing memainkan alat musik
ritmis (mengamati).
§ Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku”
dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
§ Siswa diajak menyanyikan lagu lain
yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
§ Siswa mengidentifikasi pola irama
pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
§ Siswa memainkan pola irama pada lagu
berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
§ Siswa membedakan pola irama pada
lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan
tersebut (menalar).
§ Siswa membaca nyaring syair lagu
(mengamati).
§ Siswa menjawab pertanyaan yang ada
di buku siswa (menalar).
§ Siswa dan guru melakukan tanya jawab
sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
§ Siswa menyebutkan sebutan kakak
laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
§ Siswa membaca teks buku harian Udin
(mengamati).
§ Siswa menjawab pertanyaan dari teks
buku harian Udin (menalar).
§ Siswa mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
§ Siswa membaca contoh ucapan
permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
§ Siswa dan guru melakukan tanya jawab
tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
§ Guru menjelaskan kalimat permohonan
maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan
permohonan maaf (mengamati).
§ Siswa memperagakan ucapan permohonan
maaf di depan kelas (mencoba).
§ Siswa diajak mengamati rak buku yang
ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
§ Siswa menghitung jumlah buku pada
rak yang diamati (menalar).
§ Siswa mengamati gambar susunan buku
yang ada pada buku siswa (mengamati).
§ Siswa mengamati gambar cara
menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
§ Siswa bertanya tentang gambar yang
telah diamati (menanya).
§ Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan
pengamat-an (mengomunikasikan).
§ Siswa membilang banyak benda
berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
§ Dari kegiatan membilang yang telah
dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati
(mengomunikasikan).
§ Siswa membuat kalimat dengan
menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan
membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
§ Siswa menyalin kalimat yang telah
dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
§ Siswa mengamati gambar tumpukan buku
pada beberapa rak (mengamati).
§ Siswa membandingkan banyak buku yang
ada pada masing-masing rak (menalar).
§ Siswa mengamati sebuah barisan
bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
§ Siswa menyebutkan pola bilangan pada
barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
§ Siswa melengkapi barisan bilangan
berpola +1 (menalar).
§ Siswa menulis teks buku harian
tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat
(mencoba).
§ Siswa menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis
(mencoba).
§ Siswa menceritakan kebersamaan
dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang
ditulis (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian
hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Teks lagu “Ruri Abangku”.
¡ Contoh teks buku harian Udin.
¡ Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
¡
Gambar
beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
I. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
…
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek
keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes
atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49
3. Ketrampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik
menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan Lagu.
|
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan
guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang
tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah
dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu mengembang-kan ritmis dari
pola yang disajikan.
|
Hanya mampu memainkan ritmis dari
pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk mengembangkan
|
Mengalami kesulitan dalam meniru
ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu sama sekali meniru
ritmis yang disajikan.
|
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun
kurang konsisten.
|
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton, tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog dilafalkan dengan
tepat dan jelas.
|
Ada 1-2 kata yang kurang tepat
pelafalannya.
|
Lebih dari 2 kata belum tepat
pelafalannya.
|
Hampir semua kata belum tepat
pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi sesuai dengan dialog
secara konsisten.
|
Intonasi sesuai dengan dialog
namun kurang konsisten.
|
Intonasi tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara keras dan jelas.
|
Volume suara jelas.
|
Volume suara kurang jelas.
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas.
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
1.
|
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
2.
|
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
4.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang
efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat
menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
Refleksi
¡ Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
¡ Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi
yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang
melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 on: "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2.1.1"