Advertising

Monday 18 April 2016

Model Penilaian Kurikulum 2013


Untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, terkait aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan  dapat dilakukan melalui berbagai teknik penilaian. Berikut diberikan contoh model penilaian sesuai dengan jenis penilaian yang dibahas pada bab II.
A.    Model Penilaian berdasarkan jenis
a.    Penilaian otentik
Model penilaian otentik dapat dilakukan untuk semua aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterammpilan) mulai dari perencanaan pelaksanaan dan hasil yang dilakukan secara terus menerus.
Contoh format penilaian otentik aspek keterampilan pada metode projek.
Kelas/Semester       : IV / I
Tema                                    : Selalu berhemat energi
Subtema                  : Macam-macam sumber energi
Pembelajaran          : ke dua

Rubrik Penilaian Projek
              Indikator : Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana      
      menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan
      meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan
      menempel berdasarkan instruksi tertulis  secara mandiri


Nama Projek                        : Membuat Karya Kincir angin sederhana
Nama siswa                         : Luqman
Kelas                                                : IV


Skor
No.
Aspek
1
2
3
4
5







1
Perencanaan
a.    Desain
b.    Tahapan pembuatan





V
v
2.
Proses Pembuatan
a.    Persiapan alat dan bahan.
b.    Teknik pembuatan
c.    K3 (keselamatan, keamanan, kebersihan).




V
V




v

3
Hasi/produk
a.    Bentuk fisik
b.    Keberfungsian
c.    Estetika

v


V
v



           
            Keterangan:
·         Penilaian dilakukan melalui pengamatan untuk menilai aspek keterampilan.
·         Skor 1: sangat kurang; 2: kurang; 3: cukup; 4: baik ; 5. Baik sekali
·         Deskripsi:
Dalam membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam, dari segi perencanaan baik sekali, namun dari segi hasil dan estetika mash memerlukan usaha bimbingan lebih lanjut.

b.    Ulangan harian
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu sub-tema. Ulangan harian terintegrasi dengan proses pembelajaran lebih untuk mengukur aspek pengetahuan, dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
1.    Tes tulis
Instrumen tes tulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
2.    Tes Lisan
Instrumen tes lisan berupa daftar pertanyaan.
3.      Penugasan
Instrumen penugasan berupa daftar perintah yang dapat dikerjakan di sekolah atau di rumah sebagai pekerjaan rumah secara individu ataupun kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya.
Contoh penugasan:
1.    Menggambar
2.    Menyanyi
3.    Mengarang
4.    Dsb.
Kegiatan-kegiatan di atas yang dinilai aspek pengetahuannya. Setiap tugas harus disiapkan rubrik penilaian.
Contoh format penugasan menyajikan teks cerita tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Pemilihan kosa kata
Ejaan
Sistematika penulisan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Anton

v



V
V


2
Betty


V

v


V

3
Chaerunnisa

v

v




v

Keterangan:
·         1: kurang; 2: cukup; 3:baik sekali
·         Deskripsi:
§  Anton sangat menguasai ejaan, tetapi pada aspek sistematika penulisan perlu bimbingan guru.
§  Betty sangat pandai memilih kosa kata, tetapi pada penggunaan ejaan dan sistematika penulisan masih perlu bimbingan guru.
§  Chaerunnisa sangat menguasai sistematika penulisan, tetapi penggunaan ejaan masih perlu latihan.

4.    Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik. untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah kegiatan pembelajaran dalam kurun waktu: 8-9 minggu. Ulangan tengah semester disajikan dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan meliputi seluruh indikator  yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Penyusunan instrumen penilaian UTS disesuaikan dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen penilaian dalam bentuk tes dan penugasan.


5.    Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Ulangan tengah semester disajikan dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan meliputi seluruh indikator  yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Penyusunan instrumen penilaian UAS disesuaikan dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen penilaian dalam bentuk tes dan penugasan.


B.   Model Penilaian berdasarkan aspek (sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
  1. Sikap
Penilaian sikap dilakukan melalui kegiatan observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal.
a.    Observasi
Instrumen penilaian sikap sosial (KI.2)
Tema                          : Diriku
Indikator                     : ~ Menjalankan peraturan pada permainan disekolah
                                      ~ Mengidentifikasi nama teman
                                      ~ Menyebutkan identitas teman



Nama
Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
Blm
terlihat
Terlihat
Menonjol
Blm terlihat
Terlihat
Menonjol
Blm terlihat
Terlihat
Menonjol

1
2
3
1
2
3
1
2
3
Ani


V

V

V


Ali

V

V




V




















Dst










Keterangan :
o   Berilah dengan “chechlist” atau “V” pada kolom yang sesuai.
o   Nilai skala pada masing-masing aspek (percaya diri, disiplin, bekerja keras), akan dimasukkan dalam rekap nilai sikap social per tema dalam satu semester





REKAP HASIL OBSERVASI SIKAP SOSIAL semester-1
Nama
Perilaku yang diamati (mulai tema1 – tema4)
Deskripsi

Percaya diri
Disiplin
Bekerja sama
Santun
Teliti
Dsb

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

Ani


V

V



V

V

V






Ali

V

V



V



V
V














































Dst




















Keterangan :
1.    Angka 1 : belum terlihat, 2: terlihat; 3: menonjol
2. Rekapitulasi hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
3. Kolom deskripsi diisi kecenderungan yang menunjukkan sikap yang menonjol dan hal-hal yang masih diperlukan bimbingan.
Contoh Deskripsi yang disiapkan untuk mengisi buku rapor.
Ani:
Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, namun masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.
Alii:
Menunjukkan sikap sopan santun yang sangat menonjol, namun masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal menumbuhkan disiplin  dan ketelitian.





b.    Penilaian diri
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
  
  Contoh Format Penilaian Diri Siswa
Nama                          : ………………………………….
Kelas                           : ……………………………………
Semester                    : ………………………………….. 

Waktu penilaian          : ………………….

No
Pernyataan

ya

tidak
1
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Saya mengikuti pembelajaran  dengan penuh perhatian


3
Saya mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Saya mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Saya berperan aktif dalam kelompok


6
Saya menyerahkan tugas tepat waktu


7
Saya selalu membuat catatan hal-hal yang saya anggap penting


8
Saya merasa menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Saya menghormati dan menghargai orang tua


10
Saya menghormati dan menghargai teman


11
Saya menghormati dan menghargai guru



Keterangan:
·         Penilaian persepsi diri siswa untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian persepsi diri siswa digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.
c.    Penilaian Antar teman
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.

Contoh Format Penilaian antar teman
Nama teman yang dinilai        : ………………………………….
Nama penilai                           : …………………………………..
Kelas                                       : ……………………………………
Semester                                : ………………………………….. 

Waktu penilaian                      : ………………….

No
Pernyataan

ya

tidak
1
Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


2
Mengikuti pembelajaran  dengan penuh perhatian


3
Mengerjakan tugas yang diberikan guru tepat waktu


4
Mengajukan pertanyaan jika ada yang tidak dipahami


5
Berperan aktif dalam kelompok


6
Menyerahkan tugas tepat waktu


7
Selalu membuat catatan hal-hal yang dianggap penting


8
Menguasasi dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik


9
Menghormati dan menghargai teman


10
Menghormati dan menghargai guru



Keterangan:
·         Penilaian antarteman digunakan untuk mencocokan persepsi diri siswa dengan persepsi temannya serta kenyataan yang ada.
·         Hasil penilaian antarteman digunakan sebagai dasar guru untuk melakukan bimbingan dan motivasi lebih lanjut.



d.    Jurnal Catatan Guru
Merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
Contoh penilaian Jurnal
No
Tanggal
Nama
Catatan Pengamatan
(KI-1 dan KI-2)
Tindak lanjut
Kekuatan
Kelemahan
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1
5/10/13
Ani
-Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar
- perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah


1. Perlu pembiasaan dan bimbingan dalam bersuci




Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol,

-namun masih kurang teliti.

- 
1. Sering diberi latihan yang melibatkan ketelitian.







  Keterangan:
  • Kolom 1 diisi nomor urut
  • Kolom 2 diisi tanggal pengamatan
  • Kolom 3 diisi nama siswa
  • Kolom 4 diisi kekuatan sikap siswa yang berkaitan dengan KI-1 dan/atau KI-2 (seperti yang tertuang pada tabel di bawah).
  • Kolom 5 diisi kelemahan  sikap siswa yang berkaitan dengan KI-1 dan/atau KI-2
(seperti yang tertuang pada tabel di bawah).
  • Kolom 6 diisi tindak lanjut yang direncanakan oleh guru, sekolah, dan orang tua berdasarkan hasil pengamatan terhadap sikap siswa.



No
Muatan KI-1 (sikap spiritual)
No
Muatan K-2 (Sikap Sosial)
1
Ketaatan beribadah
1
Jujur
2
Perilaku syukur
2
Disiplin
3
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3
Tanggung jawab
4
Toleransi dalam beribadah.
4
Santun


5
Peduli


6
Percaya diri


7
Kerja sama


  1. Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan bersumber dari: 1) tes tulis, tes lisan, dan 3) penugasan. Penjelasan dan contoh penilaian tersebut dijelaskan pada  bagian A. Model Penilaian berdasarkan jenis
  1. Penilaian Aspek Keterampilan
a.    Praktik
Penilaian praktik adalah penilaian yang menuntut respons berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.
Pada penilaian praktik menuntut siswa untuk melakukan suatu tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan dan  keterampilan yang dibutuhkan. Misalnya tugas memainkan alat musik, menggunakan mikroskop, menyanyi, bermain peran, menari.  






Contoh penilaian praktik
Kelas/Semester                     :  I/I
Tema/Sub Tema        :  Diriku/Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                        :  5

Format Penilaian praktik:   Rubrik berlari berpasangan
No
Nama
Penilaian
Semangat
Kekompakan
Ketaatan pada aturan
(1)
(2)
(3)
(1)
(2)
(3)
(1)
(2)
(3)
1.
Kurniawan

V


V



V
2.
Hety
V




v

V

3.
Dony


V


V


V

Keterangan:
·         1: kurang ; 2: cukup ; 3: baik sekali
·         Deskripsi:
-          Pada saat lari berpasangan Kurniawan sangat taat pada aturan
-          Pada saat lari berpasangan Hety kompak tetapi kurang semangat
-          Pada saat lari berpasangan Dony sangat taat pada aturan, sangat kompak, dan sangat semangat.




b.   Penilaian Projek
  Contoh format penilaian Projek.
Kelas/Semester       : IV / I
Tema                                    : Selalu berhemat energi
Subtema                  : Macam-macam sumber energi
Pembelajaran          : ke dua

Rubrik Penilaian Projek
              Indikator : Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana      
      menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan
      meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan
      menempel berdasarkan instruksi tertulis  secara mandiri


Nama Projek                        : Membuat Karya Kincir angin sederhana
Nama siswa                         : Luqman
Kelas                                                : IV


Skor
No.
Aspek
1
2
3
4
5







1
Perencanaan
c.    Desain
d.    Tahapan pembuatan





V
v
2.
Proses Pembuatan
d.    Persiapan alat dan bahan.
e.    Teknik pembuatan
f.     K3 (keselamatan, keamanan, kebersihan).




V
V




v

3
Hasi/produk
d.    Bentuk fisik
e.    Keberfungsian
f.     Estetika

v


V
v



           
            Keterangan:
·         Penilaian dilakukan melalui pengamatan untuk menilai aspek keterampilan.
·         Skor 1: sangat kurang; 2: kurang; 3: cukup; 4: baik ; 5. Baik sekali
·          
·         Deskripsi:
Dalam membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam, dari segi perencanaan baik sekali, namun dari segi hasil dan estetika mash memerlukan usaha bimbingan lebih lanjut.

c.    Penilaian berbasis portofolio
Penilaian Portofolio adalah penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan  keterampilan peserta didik dalam bidang tertentu. Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara menyeluruh tentang proses & pencapaian hasil belajar peserta didik.
Contoh format penilaian portofolio
Nama Siswa               : Ani
Kelas                           : 4
Semester                    : II (dua)
Tanggal dokumen
Nama dokumen
Substansi/Isi
Bahasa
Estetika
1
2
3
1
2
3
1
2
3

Laporan Projek pembuatan kincir angin


V
v




V

Hasil karangan tentang lingkungan


V

V



V

Kliping gambar pakaian adat


V

V



V

Tugas menggambar jaring-jaring bangun ruang

V


V



V

Laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik.


V

V



V

Kumpulan foto kegiatan bakti sosial ke panti asuhan


V

V



V
            Keterangan:
·         1: kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
·         Portofolio berfungsi sebagai bukti otentik hasil belajar siswa yang merupakan bagian tak terpisahkan dari laporan hasil capaian kompetensi siswa yang disampaikan kepada orang tua.
·         Guru memberi komentar/catatan tentang dokumen portofolio yang telah dikumpulkan siswa  dalam bentuk kalimat positif yang berisi motivasi, semangat, juga usaha-usaha yang masih perlu ditingkatkan. Komentar/catatan tersebut ditulis dan dimasukkan dalam file portofolio setiap siswa.

Contoh komentar/catatan guru:
Ananda Ani telah mengumpulkan karya yang sangat bagus.
Dari segi substansi/isi telah menunjukkan pemahaman tugas-tugas
dengan baik. Demikian juga, dari segi estetika sangat rapi dan
bagus, namun dari segi bahasa perlu usaha untuk lebih tekun
lagi dalam memahami ejaan dan tata kalimat.

Bandung, 5 Oktober 2013
Guru Kelas IV
Nita Evita




0 on: "Model Penilaian Kurikulum 2013"